PENGARUH CAMPURAN PUPUK KANDANG SAPI DAN ARANG SEKAM PADI TERHADAP PERTUMBUHAN KAYU PUTIH (Melaleuca cajuputi Powell) DI KEBUN RAYA UHO

Authors

  • Faisal Danu Tuheteru a:1:{s:5:"en_US";s:21:"Universitas Halu Oleo";}
  • basruddin
  • Husna

DOI:

https://doi.org/10.33772/jc.v4i1.7

Keywords:

Kebun Raya UHO, Melaleuca cajuputi, Pupuk Kandang Sapi

Abstract

Kayu putih merupakan salah satu tanaman dari famili Myrtaceae yang dapat menghasilkan minyak atsiri. Jenis ini dapat dikembangkan sebagai tanaman rehabilitasi lahan yang dapat diintegrasikan dengan produksi minyak kayu putih. Untuk mendukung keberhasilan penanaman maka perlu didukung oleh input pemupukan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui respon pertumbuhan tanaman kayu putih terhadap pemberian campuran pupuk kandang sapi dan arang sekam padi. Penelitian dilaksanakan selama 6 bulan (Juli-Desember tahun 2022) bertempat di Kebun Raya Universitas Halu Oleo, Kecamatan Kambu, Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara. Rancangan penelitian mengunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) yang terdiri atas empat taraf yaitu kontrol, 1 kg,  2 kg, dan 3 kg campuran pupuk kandang dan arang sekam dengan masing-masing perlakuan diulang 3 kali . Hasil penelitian menunjukan bahwa pemberian pupuk kandang sapi dan arang sekam meningkatkan pertumbuhan tanaman kayu putih, dimana takaran pupuk kandang sapi 3 kg efektif meningkatkan pertambahan jumlah daun dan diameter batang pada tanaman kayu putih umur 6 bulan di kebun raya UHO.

Downloads

Published

2023-07-10 — Updated on 2023-08-02

Versions

How to Cite

Tuheteru, F. D., basruddin, B., & Husna, H. (2023). PENGARUH CAMPURAN PUPUK KANDANG SAPI DAN ARANG SEKAM PADI TERHADAP PERTUMBUHAN KAYU PUTIH (Melaleuca cajuputi Powell) DI KEBUN RAYA UHO . Jurnal Celebica : Jurnal Kehutanan Indonesia, 4(1), 15–25. https://doi.org/10.33772/jc.v4i1.7 (Original work published July 10, 2023)

Issue

Section

Articles