Kenyamanan Termal dan Persepsi Pengguna Taman Imam Bonjol dan Taman Melati, Kota Padang

(Thermal Comfort and User Perception of Taman Imam Bonjol and Taman Melati, Padang City)

Authors

  • Noril Milantara a:1:{s:5:"en_US";s:39:"Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat";} https://orcid.org/0000-0002-7105-3850
  • Ninin Asriani Dinas Kehutanan Sumatera Barat
  • Teguh Haria Aditia Putra Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat

DOI:

https://doi.org/10.33772/jc.v4i1.8

Keywords:

Kenyamanan Termal, Persepsi, THI, RTH, kenyamanan termal

Abstract

Ruang Terbuka Hijau (RTH) berfungsi untuk menciptakan keindahan, kenyamanan, keamanan, dan kesehatan bagi penggunanya. Pembangunan kota pada saat ini cenderung meminimalkan keberadaan RTH yang dapat mempengaruhi pada keseimbangan ekosistem, seperti fenomena meningkatnya suhu udara di pusat-pusat perkotaan dibandingkan dengan kawasan di sekitarnya atau yang disebut dengan Urban Heat Island (UHI) atau efek pulau bahang. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kenyamanan termal, dan mengetahui persepsi kenyamanan pengguna. Penelitian dilaksanakan pada RTH Imam Bonjol dan Taman Melati. Data kenyamanan termal yang dikumpulkan adalah suhu (T) dan kelembapan (Rh), sementara data persepsi pengguna adalah data kenyamanan suhu, kelembapan, dan kecepatan angin. Data dikumpulkan secara langsung dilapangan, dengan alat ukur thermohygrometer serta wawancara. Analisis kenyamanan fisik menggunakan pendekatan rumus Thermal Humidity Index (THI) dari Nieuwolt (1997), dan secara persepsi dianalisis secara deskriptif. Hasil analisa tingkat kenyamanan termal dengan rumus THI menunjukkan kategori yang tidak nyaman baik pada RTH Imam Bonjol dengan nilai 28,67 dan RTH Taman Melati sebesar 29,64. Sementara penilaian pengguna menyatakan bahwa RTH Imam Bonjol maupun RTH Taman Melati berada pada kategori Nyaman. Penelitian ini menunjukkan perlu dilakukan  peninjauan ulang untuk kriteria kenyamanan dari nilai THI pada kota-kota Indonesia.

Downloads

Published

2023-06-22 — Updated on 2023-07-11

Versions

How to Cite

Milantara, N., Asriani, N., & Putra, T. H. A. (2023). Kenyamanan Termal dan Persepsi Pengguna Taman Imam Bonjol dan Taman Melati, Kota Padang : (Thermal Comfort and User Perception of Taman Imam Bonjol and Taman Melati, Padang City). Jurnal Celebica : Jurnal Kehutanan Indonesia, 4(1), 27–38. https://doi.org/10.33772/jc.v4i1.8 (Original work published June 22, 2023)

Issue

Section

Articles